Yuan melewati Euro sebagai Mata Uang Trading ke2 yang Digunakan.


Menurut Society untuk Worldwide Interbank Financial Telecommunication, Yuan China menyalip euro menjadi mata uang kedua yang paling banyak digunakan di bidang keuangan perdagangan global setelah dolar tahun ini .Mata uangnya memiliki 8,66 persen share surat kredit dan koleksi pada bulan Oktober , dibandingkan dengan 6,64 persen untuk euro , Swift mengatakan dalam sebuah pernyataan tanggal 3 Desember. China, Hong Kong , Singapura , Jerman dan Australia adalah pengguna yuan yang utama dalam trade finance , menurut platform Belgium-based financial-messaging.
Yuan memiliki pangsa terbesar keempat dalam perdagangan keuangan global pada bulan Januari 2012 dengan 1,89 persen , sedangkan euro adalah terbesar kedua di 7,87 persen , kata Swift .
" Memang benar bahwa eksportir di luar negeri lebih menggunakan renminbi sebagai mata uang kontrak untuk meningkatkan daya tarik dan daya saing barang atau jasa yang terjual ke China , " kata Cynthia Wong , kepala perdagangan pasar untuk Singapura dan Hong Kong berbasis di Hong Kong.
Dolar AS memimpin semua mata uang dengan pangsa 81,08 persen dari surat kredit dan koleksi di bulan Oktober , turun dari 84,96 persen pada Januari 2012 , menurut data yang dikumpulkan oleh Swift . Yen tergelincir dari mata uang global ketiga yang paling sering digunakan menjadi keempat dalam periode yang sama , turun dari pangsa 1,94 persen menjadi 1,36 persen .

Deposito Yuan
China sedang mencari peran yang lebih besar dalam perdagangan mata uang global dan investasi sebagai negara kehilangan kontrol pada kurs dan biaya pinjaman dlm perekonomian terbesar kedua di dunia . Bank Rakyat China Yi Gang Deputi Gubernur mengatakan 20 November itu tidak lagi menjadi kepentingan bangsa untuk terus membangun cadangan devisa , yang mencapai rekor $ 3660000000000 pada akhir September.
Deposito Yuan di Hong Kong , kolam  terbesar di luar China , naik sangat besar sejak April 2011 dengan rekor 782.000.000.000 yuan ( $ 128.000.000.000 ) pada bulan Oktober . Kesepakatan diumumkan di kuartal ini untuk memulai perdagangan mata uang secara langsung antara yuan dan juga British pound dan dolar Singapura .
" Renminbi menjadi mata uang utama untuk pembiayaan perdagangan global, bahkan lebih, di Asia , " Franck de Praetere , kepala Swift dalam pembayaran dan pasar perdagangan untuk Asia Pasifik  yang berbasis di Singapura, mengatakan dalam pernyataan itu .
Mata uang China peringkat ke12 untuk transaksi dalam sistem pembayaran global pada bulan Oktober , tidak berubah dari bulan sebelumnya , menurut Swift . Pembayaran nilai untuk mata uang naik 1,5 persen bulan itu , kurang dari pertumbuhan 4,6 persen untuk semua mata uang , data Swift menunjukkan. Itu menunjukanpangsa pasar yuan turun menjadi 0,84 persen dari 0,86 persen pada September .

Volume perdagangan
Transaksi yuan harian melonjak menjadi US $ 120 miliar pada April dari $ 34 milyar pada 2010, sehingga menjadi mata uang yang paling diperdagangkan kesembilan di dunia, menurut laporan September oleh Bank for International Settlements di Basel , Swiss .
Yuan terapresiasi 2,3 persen terhadap greenback tahun ini , menjadi kinerja terbaik di Asia , menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg . Mata uang ditutup pada 6,0924 per dolar pada tanggal 3Desember di Shanghai , sedikit berubah dari kemarin .
China menyumbang 59 persen dari pembiayaan perdagangan dalam mata uang yuan pada bulan Oktober dan sharei Hong Kong 21 persen, data Swift menunjukkan. Singapura memiliki 12 persen dengan Jerman dan Australia memiliki 2 persen.
" Saya tidak terkejut karena perdagangan lintas - perbatasan antara China dan Hong Kong telah cukup dominan dalam mata uang yuan , " Raymond Yeung , seorang ekonom senior berbasis di Hong Kong di Australia & New Zealand Banking Group Ltd , mengatakan melalui telepon pada tanggal 3 Desember. " perdagangan  Yuanbiasanya meningkat ketika ada harapan yang kuat untuk apresiasi yuan . "

Penggunaan yang lebih luas
Penggunaan internasional yuan meningkat saat China membuka pasar modal . Dalam sembilan bulan pertama tahun ini , sekitar 17 persen dari perdagangan global China pada mata uang telah lunas, dibandingkan dengan kurang dari 1 persen pada 2009 , menurut Deutsche Bank AG .
China dan Inggris akan mulai diperdagangkan langsung antara yuan dan pound Inggris , Menteri Keuangan George Osborne mengatakan pada 15 Oktober . China juga menyetujui kuota 80 miliar yuan diperbolehkan untuk investor di London untuk membeli aset-aset domestik . Singapura menandatangani perjanjian serupa dengan China seminggu kemudian . Perdagangan langsung antara mata uang Jepang dan Australia dimulai pada dua tahun terakhir .
Bank Sentral Eropa dan Bank Rakyat China sepakat untuk membentuk garis swap currency bilateral sebanyak 350 miliar yuan , kata bank sentral yang berbasis di Frankfurt pada bulan Oktober .

Pembatasan perdagangan
Bank sentral China membatasi tingkat pergerakan harian yuan menjadi 1 persen di kedua sisi set perbaikan setiap hari. Band perdagangan yang melebar pada April 2012, setelah diperluas dari 0,3 persen pada Mei 2007. Yuan di Shanghai telah diperdagangkan 0,7 persen lebih kuat dari pada perbaikan rata-rata kuartal ini, turun dari 0,8 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Bank Rakyat China akan "pada dasarnya" mengakhiri intervensi yang normal di pasar valuta asing dan memperluas batas perdagangan harian yuan, Gubernur Zhou Xiaochuan menulis dalam sebuah artikel di sebuah buku panduan yang menjelaskan reformasi diuraikan setelah pertemuan Partai Komunis yang berakhir 12 November.


(Sumber: http://www.bloomberg.com)