Outlook EUR/USD 9-13 Desember 2013


EUR/USD menikmati ketenangan di Eropa untuk terdorong lebih tinggi. Jerman neraca perdagangan, produksi industri, serta ECOFIN dan rapat Eurogroup adalah highlights utama minggu ini.
Pekan lalu, ECB meninggalkan kebijakan yang tidak berubah dengan perkiraan pasar. ECB telah mempertahankan tingkat ultra-rendah Presiden Mario Draghi mengumumkan dalam konferensi pers bahwa uang murah akan terus mengalir, dan key rates akan tetap rendah untuk jangka waktu yang lama. ECB bahkan hanya sedikit menupgrade proyeksi pertumbuhan untuk 2014. Akankah Eurozone berhasil menikmati pemulihan yang nyata? Di AS, Non-Farm Payrolls melebihi harapan.
Neraca Perdagangan Jerman : Senin, 7:00 . Surplus perdagangan Jerman diperluas lebih dari yang diharapkan pada bulan September , mencapai € 20400000000 ($ 27400000000) dari revisi € 13300000000 pada bulan Agustus . Para ekonom mengantisipasi kenaikan lebih kecil menjadi 17,2 miliar euro. Ekspor Jerman yang kuat membayangi negara-negara kawasan euro lainnya meningkatkan kritik bahwa surplus itu akan menghambat pertumbuhan Eropa dan global. IMF menegur Jerman , mendesak pemerintah Chancellor Angela Merkel’s untuk membatasi kelebihan ekspor ke " tingkat yang tepat " untuk membantu mitra euro memangkas defisit .
Pertemuan Eurogroup: Pertemuan Eurogroup diadakan hari senin di Brussels dan dihadiri oleh Presiden Eurogroup , Menteri Keuangan dari negara-negara anggota kawasan euro , Komisaris untuk urusan ekonomi dan moneter , dan Presiden ECB . Pertemuan saat ini tidak mencakup isu Yunani sejak Yunani telah membuat kemajuan di sektor keuangan dan reformasi ekonomi, tetapi perlu menyelesaikan masalah yang tertunda .
German industrial production: Senin , 11:00 . German industrial production jatuh pada bulan September , menandakan bahwa pertumbuhan Jerman mungkin telah kehilangan momentum di kuartal ketiga . Produksi turun 0,9 % setelah direvisi naik 1,6 % pada bulan Agustus . Para ekonom memperkirakan kenaikan kecil 0,2 % . Produksi naik 1 persen dari tahun sebelumnya ketika disesuaikan dengan hari kerja . Namun, ekonom percaya ekonomi Jerman stabil dan akan memperluas dalam beberapa bulan mendatang .
French industrial production: Selasa , 7:45 . French industrial production turun di bulan September sebesar 0,5 % , di tengah penurunan tajam dalam bidang automobile dan industri kilang. Mengecewakan dengan kenaikan 0,7 % pada bulan Agustus dan menjadi kejutan bagi analis dengan perkiraan kenaikan 0,4 % . Produksi mobil dan bahan transportasi lainnya merosot 3,4 % , sedangkan output dari kilang negara itu turun 2,1 % .
Italia Industrial Production : Selasa , 09:00 . Italia Industrial Production meningkat sebesar 0,2 % pada bulan September setelah dua bulan berturut-turut menurun tapi keseluruhan untuk kuartal ketiga adalah 1,0 % lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya , menandai penurunan kesepuluh secara berturut-turut.
Rapat ECOFIN : Selasa. Eurozone : Pertemuan ECOFIN diadakan di Brussels dan dihadiri oleh para Menteri Keuangan dari negara-negara anggota Uni Eropa . Kuorum membahas berbagai isu keuangan , seperti mekanisme dukungan euro dan keuangan pemerintah . Pertemuan Ecofin saat ini akan mencakup pengaturan yang harus dibentuk selambat-lambatnya menjelang penyelesaian ( November 2014 ) dari penilaian yang komprehensif dari lembaga perbankan Uni Eropa .
French Final Non-Farm Payrolls: Rabu , 06:30 French Final Non-Farm Payrolls menunjukkan penurunan 0,2 % untuk Q2 , sejalan dengan perkiraan pasar . Kuartal pertama Non -Farm Payrolls membukukan penurunan 0,1 % . Ini adalah kuartal kelima berturut-turut yang menurun menunjukan kelangkaan kesempatan kerja dan PHK berkelanjutan.
 Employment Change : Jumat , 10:00 . Tenaga Kerja di zona euro menurun lagi pada kuartal kedua tahun ini, tetapi melambat , menunjukkan bahwa pemulihan blok sederhana itu mungkin akan mendapatkan momentum . Ketenagakerjaan turun 0,1 % pada kuartal kedua , secara signifikan lebih baik daripada dua kuartal sebelumnya . Namun, pemulihan masih rentan dan bergantung pada ekspor . Zona euro masih butuh waktu yang panjang untuk diperbaikan.