Euro Gagal Pertahankan Gain

      Euro sempat menyentuh level tertinggi dalam sebulan berkat perkembangan politik di Jerman, setelah GfK menyampaikan bahwa iklim konsumsi di Jerman menunjukkan peningkatan, memberikan sinyal masih cukup baiknya permintaan domestik yang merupakan komponen makro ekonoi yang cukup signifikan.Euro pada hari kemarin, Rabu, 27 November 2013, 09:05:14 GMT bergerak menguat terhadap mata uang utama Dollar AS . Harga pembukaan berada pada 1.3573 di awal perdagangan (00.00 GMT), dan mata uang tersebut telah naik sekitar + 20 pips atau sekitar + 0.14 % dan nilai bergulir terpantau berada di 1.3593. , indeks Euro nampak masih cukup laju menguat sampai hari kemarin, namun penguatan tergerus karena data ekonomi AS. Aktivitas perdagangan bakal menurun karena ditutupnya pasar AS untuk Thanksgiving.

      Dua partai politik besar Jerman sepakat membentuk koalisi, memicu reli pada euro. Partai Kristen Demokrat pimpinan Kanselir Angela Merkel akhirnya berkoalisi dengan Partai Sosial Demokrat. Setelah lima minggu bernegosiasi, kedua partai yang berlawanan itu sepakat tetap mendukung pembenahan di Eropa dan menambah pembelanjaan domestik untuk mendorong pertumbuhan. Kedua partai juga mendukung terus upaya pengentasan krisis.Euro juga mendapat dorongan dari data sentimen konsumen Jerman yang naik ke level tertinggi dalam enam tahun terakhir. Indeks sentimen konsumen GfK naik ke 7,4 untuk Desember dari 7,1 di Nopember. Namun, laju euro tergerus karena ada kekhawatiran ECB mungkin harus melonggarkan kebijakannya lagi. Beberapa pejabat ECB memang pernah mengatakan ada ruang untuk memangkas suku bunga lagi. ECB akan menggelar rapat minggu depan, setelah bulan ini memangkas rate ke 0,25%.
       Data pengangguran Jerman dan sentimen ekonomi zona euro adalah yang terjadwal hari ini. Euro kini diperdagangkan di $1,3570 setelah kemarin sempat menyentuh $1,3610, tertinggi sejak 29 Oktober. Level $1,36 sepertinya mengundang aksi ambil untung, apalagi euro sudah menguat lebih dari 2% sejak ECB memangkas rate awal bulan ini. Resistance masih di 61,8% retracement dari kejatuhan 25 Oktober-7 Nopember di $1,3625. Sedangkan support di Moving Average 25 $1,3545.

Aliran data yang mempengaruhi EUR/USD Kamis ini adalah Pengangguran Jerman,kepercayaan konsumen zonaEuro, indikator sentimen zonaEuro dan data inflasi jerman.

Sumber : seputarforex.com , fxstreet.web.id